Kamis, 30 April 2015

Sandapan EKG

Sandapan atau lead EKG terbagi 2 jenis, yaitu : 
  1. Sandapan Bipolar
  2. Sandapan Unipolar 
Sandapan Bipolar (Bipolar Limb Lead)
DR. Willem Eithoven, ahli faal dari Belanda telah melakukan penelitian, dengan menggunakan tiga pasang elektroda bipolar (satu positif dan satu negatif) yang diletakkan pada pergelangan-pergelangan tangan atau kaki (limb), sehingga terbentuk tiga sandapan ekstremitas bipolar (bipolar limb lead) untuk mencatat perbedaan potensial arus bioelektrik jantung. Sandapan ini ditandai dengan angka I, II, dan III Romawi.

Lead I : Merekam perbedaan potensial dari elektroda di lengan kanan (Right Arm/RA) dengan lengan kiri (Left Arm/LA), dimana lengan kanan bermuatan (-) dan lengan kiri bermuatan (+)
Lead II : Merekam perbedaan potensial dari elektroda di lengan kanan (RA) dan kaki kiri (LF), dimana lengan kanan bermuatan (-) dan kaki kiri bermuatan (+)
Lead III : Merekam perbedaan potensial dari elektroda di lengan kiri (LA) dan kaki kiri (LF), dimana lengan kiri bermuatan (-) dna kaki kiri bermuatan (+)

Ketiga sandapan ini dapat digambarkan dengan segitiga sama sisi (segitiga Einthoven)

Gambar Segitiga Eithoven
Sandapan Unipolar
Sandapan unipolar terdiri dari dua jenis, yaitu : sandapan unipolar ekstremitas dan sandapan unipolar prekordial.

Sandapan Unipolar Ekstremitas (Ekstremitas Limb Lead)
Merekam besar potensial listrik pada satu ekstremitas, dimana elektrode eksplorasi diletakkan pada ekstremitas yang akan diukur. Gabungan elektrode-elektrode pada ekstremitas lain membentuk elektrode indiferen (potensial 0).

Lead aVR : Merekam potensial listrik pada lengan kanan (Right Arm/RA), dimana lengan kanan bermuatan (+), lengan kiri (Left Arm/LA) dan kaki kiri (Left Foot/ LF) membentuk elektrode indiferen.
Lead aVL : Merekam potensial listrik pada lengan kiri (LA), dimana lengan kiri bermuatan (+), lengan kanan (RA) dan kaki kiri (LF) membentuk elektrode indiferen.
Lead aVF : Merekam potensial listrik pada kaki kiri (LF), dimana kaki kiri bermuatan (+), lengan kanan dan lengan kiri membentuk elektrode indiferen.


Gambar Lead Unipolar Ekstremitas

Sandapan Unipolar Prekordial
Merekam besar potensial listrik jantung dengan meletakkan elektrode positif secara horizontal pada dinding dada atau punggung mengelilingi jantung. Elektrode indiferen didapat dengan menggabungkan ketiga elektrode ekstremitas.

Ada enam tempat yang umum digunakan untuk merekam sandapan unipolar prekordial, yaitu :
Lead V1 : Elektrode ditempatkan pada interkostal IV, garis sternum kanan
Lead V2 : Elektrode ditempatkan pada interkostal IV, garis sternum kiri
Lead V3 : Elektrode ditempatkan pada pertengahan antara V2 dan V4
Lead V4 : Elektrode ditempatkan pada interkostal V, garis midklavikula kiri
Lead V5 : Elektrode ditempatkan sejajar dengan V4, garis aksila depan
Lead V6 : Elektrode ditempatkan sejajar dengan V4, garis aksila tengah

Pada umumnya perekaman EKG dibuat 12 lead, tetapi pada keadaan tertentu dapat dibuat sampai 17 lead, meliputi lead V7, V8, V9, V3R, dan V4R.

Gambar Lead Prekordial

Sumber :
Sumiarty, Chuchum. 2010. Cara Praktis Membaca EKG. Jakarta : Surya Gemilang

And this is it. This video about cardiac conduction system and it's relationship with ECG/EKG. You must watch it. And sorry, this video is use english language, if you don't understand, you can search with indonesian language in another line.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar