Kamis, 23 April 2015

Berjalan Sehat Ala Nagumo

Tahun lalu, saya membeli buku berjudul Makan Sekali Sehari Membuat 20 Tahun Lebih Muda dari Dr. Yoshinori Nagumo (Ketua asosiasi kedokteran anti-aging Internasional). Dan ada salah satu sub bab buku tersebut yang menarik dan ingin saya share. Judulnya Hanya 3 Menit, Sama dengan Berjalan 10.000 Langkah. Yang mana isinya sebagai berikut.

Berjalan kaki merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, muncullah pertanyaan, "Bagaimana dan berapa lama sebaiknya kita berjalan kaki?" Jawaban yang sering kita dengar adalah 10.000 langkah setiap hari. Orang-orang yang sibuk dan menderita nyeri lutut pasti akan sangat terbebani dengan anjuran berjalan sebanyak itu. Karena cuaca buruk, orang sehat pun tidak dapat melakukannya. Ada juga orang-orang yang membeli alat penghitung langkah, lalu mencoba untuk berjalan kaki lebih banyak daripada biasanya, tetapi berhenti setelah 3 hari.

Mulailah dari yang dapat kita lakukan; ini merupakan salah satu prinsip "a la Nagumo" yang saya ciptakan. Saya akan menjelaskan cara berjalan selama 3 menit yang setara dengan 10.000 langkah; bukan hal yang sulit, justru berjalan dengan penuh gaya.

Saya selalu berjalan dari rumah ke tempat kerja. Setiap pagi, saya bersama para pegawai lain berangkat melewati stasiun. Jika saya perhatikan, mereka sering terlihat kelelahan. Mereka berjalan dengan kepala menunduk, menonjolkan punggung, dan menekuk lutut persis seperti sekumpulan hantu. Dengan cara berjalan seperti itu, kebahagiaan akan kabur dengan sendirinya. Jika dilakukan seperti itu, berjalan sejauh apa pun hanya akan membebani leher, lutut, pinggang, dan organ dalam tanpa memberikan manfaat kesehatan. Pompa cairan di betis juga tidak dapat bekerja secara maksimal sehingga darah tidak dapat bersirkulasi dengan baik. Selain itu, gaya berjalan seperti itu tidak sedap dipandang. Saya merasa kasihan melihat mereka.

Berdasarkan pengalaman ini, saya menciptakan cara untuk berjalan dengan penuh gaya.
  • Tegakkan dada dan tahan perut;
  • Gerakkan tangan ringan; dan
  • Berjalanlah dengan mengambil langkah besar
Hanya itu; sangat mudah, bukan? Jika Anda tidak percaya bahwa hal itu bermanfaat karena terdengar terlalu mudah, silahkan mencobanya.
Perjalanan saya dengan berjalan kaki dari rumah ke tempat kerja hanya memakan waktu beberapa menit, tetapi cara berjalan seperti itu membuat saya berkeringat. Beberapa hari kemudian, otot perut mungkin akan terasa nyeri. Namun sebenarnya, otot perut, otot punggung, dan otot betis bekerja dengan sempurna.

Mulai sekarang, berjalanlah dengan kepala menengadah tanpa memandang mata orang-orang yang datang dari depan kita. Berjalanlah sambil tersenyum cemerlang bagaikan seorang bintang. Ambil langkah cepat dan besar layaknya membelah angin. Dengan menanamkan kebiasaan tersebut, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Semakin lama, gaya berjalan Anda akan semakin bagus. Lingkar pinggang Anda akan berkurang, bahkan tubuh Anda dapat menjadi lebih tinggi. Mengubah konsep berjalan agar hanya memerlukan sedikit waktu tetapi memberikan manfaat maksimal merupakan bagian dari "a la Nagumo".

Nah, dengan memperhatikan gaya berjalan saja kita bisa banyak mendapat banyak manfaat bagi tubuh. Pantas saja ya orang Jepang sana banyak berjalan dengan cepat dan tegap. Bisa ditiru tuh, tapi ya jangan selalu menengadah ya selama berjalan, sesekali menunduk ntar kesandung, haha. Dan juga supaya gak di anggap sombong, sesuaikanlah dengan budaya dan ajaran agama kita juga ya, guys. 
Sekian dulu deh buat hari ini. Semoga bermanfaat~

Sumber : 
Yoshinori, Nagumo. 2014. Makan Sekali Sehari Membuat 20 Tahun Lebih Muda. Bandung : Qanita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar